Disdukcapil Pontianak percepat layanan dengan pelayanan cetak sehari

Kepala Disdukcapil Kota Pontianak, Erma Suryani memaparkan inovasi PACRI yang memberikan pelayanan cetak dokumen kependudukan dalam sehari.

BORNEOTRIBUN PONTIANAK - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak meluncurkan inovasi terbaru dalam layanan administrasi kependudukan (adminduk) berupa Pelayanan Cetak Sehari (PACRI).

Kepala Disdukcapil Kota Pontianak, Erma Suryani di Pontianak, Selasa mengatakan, kehadiran PACRI ini dalam rangka pihaknya untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan publik terutama layanan adminduk.

Dia menjelaskan, program PACRI berawal dari banyaknya warga yang mengeluhkan lamanya proses dokumen kependudukan selesai atau terbit.

Sebelum ada PACRI, dokumen kependudukan baru selesai hingga tujuh hari. Padahal dokumen kependudukan diperlukan cepat, apalagi jika dokumen tersebut diperlukan sebagai persyaratan administrasi.

"Dengan adanya PACRI ini, masyarakat bisa menerima dokumen kependudukannya hanya dalam waktu sehari," ujarnya.

Dia menambahkan, beberapa hal yang dilakukan untuk pemenuhan pelayanan cetak sehari ini, antara lain pemangkasan alur pelayanan dari delapan menjadi lima alur pelayanan. Kemudian juga menambah jumlah front office dari enam menjadi 11 loket. Kemudian mengintegrasikan pelayanan antarbidang hingga penguatan SDM, mengoptimalkan pelayanan mobil keliling, serta Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Disdukcapil Kota Pontianak.

"Kami berharap dengan adanya layanan PACRI ini, masyarakat yang melakukan pengurusan dokumen kependudukan bisa terlayani dengan maksimal. Sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelayanan publik yang ada di Disdukcapil Kota Pontianak," kata Erma.

Agar masyarakat luas mengetahui layanan ini, pihaknya menggelar sosialisasi berkaitan dengan PACRI. Dengan adanya sosialisasi tersebut, masyarakat diharapkan tidak lagi berpikiran bahwa layanan dokumen adminduk pada Disdukcapil Kota Pontianak terkesan lama.

"Kami berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik, cepat dan mudah," katanya.

(Andilala/Antara)
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini