Jelang Imlek 2575, Pontianak Siaga Harga Pangan di Pasar Tradisional dan Modern

Peninjauan pasar Flamboyan Pontianak, Kalbar. ANTARA/Dedi
Peninjauan pasar Flamboyan Pontianak, Kalbar. ANTARA/Dedi
PONTIANAK - Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) terus memantau harga pangan di beberapa pasar tradisional dan pasar modern menjelang Tahun Baru Imlek 2575 untuk memastikan harga terkendali.

"Langkah ini diambil sebagai tindak lanjut arahan Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak untuk mengawasi harga serta stok pangan di lapangan secara berkala," ujar Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pontianak (DPPP) Bintoro, di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa saat ini harga pangan relatif stabil kendati terdapat kenaikan harga pada beberapa komoditas sayuran. Ia menerangkan, harga beras ikut naik, dengan kenaikan rata-rata Rp150 per kilogram.

"Kenaikan harga ini disebabkan oleh cuaca hujan yang menyebabkan sayur mengalami kerusakan, sehingga panen tidak optimal," kata dia lagi.

Selain beras, harga ayam utuh juga mengalami kenaikan. Harga ayam utuh saat ini berkisar dari Rp32 ribu per kilogram. Kenaikan harga ini disebabkan oleh tingginya permintaan menjelang Tahun Baru Imlek.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik membeli. Stok beras, minyak, gula, dan ayam utuh di Pontianak masih aman," kata Bintoro.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak lewat dinas terkait akan terus melakukan pemantauan harga komoditas pangan secara berkala untuk memastikan ketersediaan dan kestabilan harga. 

Kendati angka inflasi di Kota Pontianak sangat rendah, dirinya ingin upaya antisipasi lonjakan harga ikut digalakkan.

"Ketersediaan stok pangan harus dijaga, bekerjasama dengan pihak kepolisian dan instansi terkait akan ada pengawasan di gudang-gudang," katanya pula.

Program lain yang juga dilaksanakan Pemkot Pontianak untuk menekan harga adalah dengan operasi pasar murah di enam titik kecamatan. Ani berharap, manfaat operasi pasar dapat mengurangi beban masyarakat.

"Selain itu saya mengajak warga Kota Pontianak untuk belanja dengan bijak, beli bahan makanan sesuai kebutuhan," katanya lagi.

Sumber: Antara/Dedi
Editor: Yakop

Berita ini telah ditayangkan di BorneoTribun dengan Judul Jelang Imlek 2575, Pontianak Siaga Harga Pangan di Pasar Tradisional dan Modern, Link: https://www.borneotribun.com/2024/02/jelang-imlek-2575-pontianak-siaga-harga.html
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini